Selasa, Oktober 25, 2011

Harga Perolehan dan Cara Kepemilikan Aktiva Tetap

Yang termasuk harga perolehan antara lain, harga beli aktiva yang bersangkutan ditambah biaya-biaya angkut, pemasangan, asuransi pengangkutan, percobaan, komisi, balik nama dan lain-lain.

Unsur-unsur yang dipertimbangkan dalam perhitungan harga perolehan aktiva tetap, mungkin saja berbeda antara jenis aktiva tetap yang satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, unsur harga perolehan suatu aktiva tetap dapat dilihat dalam uraian berikut ini.

  • Tanah : Harga perolehan tanah meliputi harga beli tanah dari pemilik, biaya survey, biaya perantara atau komisi, biaya pematangan tanah, biaya balik nama di agraria/BPN.
  • Gedung : Harga perolehan gedung meliputi biaya perencanaan oleh arsitek, IMB, asuransi selama pembangunan, bunga selama pembangunan atas uang pinjaman untuk pembiayaan gedung, dan semua pengeluaran lainnya yang dibutuhkan sehubungan pembangunan gedung, serta biaya pemilikannya.
  • Mesin : Harga perolehan mesin meliputi harga mesin menurut faktur pembelian, biaya-biaya angkut, PPN, bongkar dan angkut ke dalam pabrik, pasang dan stel mesin, dan percobaan mesin.
  • Kendaraan : Harga perolehan kendaraan meliputi harga kendaraan menurut faktur pembelian, dan bea balik nama.
  • Perbaikan Tanah : Perbaikan tanah merupakan sarana yang dibangun di atas tanah selain gedung, seperti jalan, parit, tempat parkir. Biaya perbaikan tanah (cost) bukan merupakan bagian dari biaya tanah, akan tetapi harus dicatat secara terpisah dengan menggunakan rekening perbaikan tanah dan sesuai dengan umur ekonomis/masa manfaatnya tanah juga harus disusutkan.
Cara pemilikan aktiva tetap berwujud (acquisition of plant and equipment), antara lain:
  1. dibeli tunai (purchase for cash)
  2. dibeli secara kredit atau angsuran (purchase on deferred payment)
  3. pertukaran (acquisition by exchange)
  4. membuat sendiri (acquisition by self construction), dan
  5. diterima sebagai hadiah/penemuan (acquisition by gift or discovery).

0 komentar:

Poskan Komentar