Senin, Desember 10, 2012

Just Call it PI :)

PI (Penulisan Ilmiah) yap, itu salah satu syarat buat mencapai gelar setara Sarjana Muda jenjang Strata Satu di kampus gue (Universitas Gunadarma). Penulisan Ilmiah ini ada di tingkat tiga dan menjadi hal wajib yang harus diselesaikan. Gue sendiri sekarang udah tingkat 4, dan belum lama ini gue nyelesaiin Penulisan Ilmiah ini, awalnya bingung mau nulis apa, kepikiran bentuk dan judul yang harus gue ambil pun engga.. -,-" Akhirnya gue coba tanya-tanya kakak kelas, tanya temen-temen gue di Lab Akuntasi, dan yap, gue copy beberapa PI kakak kelas, coba gue baca, gue mengerti dan alhasil, gue pusing sendiri.. bhahaa.

Tapi, mau gga mau yaa harus mau, mau untuk buat, mau untuk cari tau, mau buat nyoba, dan entah kenapa gue tertarik sama dunia perbankan :), setelah ketemu sama DP (Dosen Pembimbing) dan sharing beberapa hal, akhirnya gue tertarik buat bahas tentang NPL, LDR, CAR, BOPO dan ROA pada Bank Tabungan Negara. Untuk penjelasan singkatan-singkatan itu, nanti gue jelasin.. :p

Okay, penulisan gue selesai sekitar 1bulan lebih, di bantu dosen pembimbing gue yang selalu bilang "searching aja, gampang kok, kakak juga dulu searching sendiri" yakk, dia selalu aja bilang gampang, gga tau apa, gue berjuang mati-matian #halaah.. :p, oiya, nama DP gue itu Yogi Afrianto., SE., MM. lulusan program SarMag dikampus gue, program kuliah dengan gelar dual degree dalam waktu 4 tahun, keren kan, yakk sekeren orangnya gue rasa.. haha

Akhirnya fixed gue ambil judul "Analisis Pengaruh NPL, LDR, CAR, dan BOPO terhadap Profitabilitas (ROA) PT. Bank Tabungan Negara, Tbk." dengan data primer yang gue searching langsung di web Bank BTN periode 2004-2011.
Pengertian masing-masing variabel itu sendiri adalah:

  1. Non Performing Loan (NPL) adalah kredit yang tidak lancar atau kredit dimana debiturnya tidak memenuhi persyaratan yang diperjanjikan.
  2. Loan to Deposit Ratio (LDR) adalah rasio antara seluruh jumlah kredit yang diberikan bank dengan dana yang diterima bank.
  3. Capital Adequacy Ratio (CAR) adalah rasio kinerja bank untuk menunjang aktiva yang mengandung atau menghaslikan resiko, misalnya kredit yang diberikan. 
  4. Return On Asset (ROA) adalah “Suatu rasio yang menunjukkan kemampuan dari modal yang diinvestasikan dalam keseluruhan aktiva untuk menghasilkan keuntungan, bila semakin besar nilai ROA suatu bank maka semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai dan semakin baik pula posisi dari segi penggunaan asset dan itu menunjukkan bahwa bank semakin produktif”.
  5. BOPO merupakan rasio antara biaya operasional terhadap pendapatan operasional. 
Dari hasil penelitian, akhirnya gue bisa menyimpulkan bahwa:

"Pengaruh CAR dan BOPO terhadap profitabilitas (ROA) pada PT. Bank Tabungan Negara, Tbk nyata (signifikan) karena memiliki tingkat signifikan < 0,05, sedangkan pengaruh NPL dan LDR terhadap profitabilitas (ROA) pada PT. Bank Tabungan Negara, Tbk tidak signifikan karena memiliki tingkat signifikan > 0,05. Kemudian korelasi antara NPL, LDR dan BOPO terhadap ROA sangat kuat dan bersifat negatif, karena korelasi antara kedua variabel tersebut mendekati -1, dan setiap peningkatan NPL, LDR dan BOPO satu satuan maka ROA akan menurun satu-satuan. Kemudian korelasi antara CAR terhadap ROA sangat lemah dan bersifat positif, karena korelasi antara kedua variabel tersebut mendekati 0, dan setiap peningkatan sebanyak satu satuan maka ROA juga akan meningkat."


                                                      
Nah, ini cover depannya.. :)




Nah, yang ini DP gue, fotonya diambil pas gue mau minta tanda tangan dia :)

Well, akhirnya gue bisa menyelesaikan PI gue dengan baik dengan nilai sempurna "A".. ahahaha. Thank you My Rabb, Engkau selalu memberiku jalan disetiap kesulitan, makasih juga buat keluarga gue yang selalu kasih dukungan, makasih buat kak Yogi buat bimbingannya, dan makasih juga buat "kamu" yang tanpa disadari telah banyak membantu, membantu mood gue yang turun jadi bisa ketawa-ketawa lagi karna hal-hal konyol yang kamu lakukan, ohh iyaa, buat sobat-sobat gue (winda, faizah, tari, yuni) thank you, semoga kita sukses selalu, amiin :)


0 komentar:

Posting Komentar