Senin, Oktober 31, 2011

Hewan-hewan Tercerdas di Dunia

Simpanse

Binatang yang sering dijadikan sebagai artis Hollywood ini memiliki otak yang hampir sama dengan manusia. Simpanse bisa bersosialisasi dengan sesama, bahkan dia juga bisa berorganisasi. Mereka adalah makhluk yang menunjukkan aktivitas menyerupai manusia purba. Mereka dapat membuat tombak untuk berburu kelinci dalam lubang, memetik buah dengan galah, memecahkan kacang dengan batu, bahkan memancing ikan dengan cabang pohon.

Lumba-lumba Hidung Botol

Dari semua spesies lumba-lumba, lumba-lumba inilah yang memiliki kecerdasan paling tinggi, lumba-lumba ini bisa mengetahui berbagai jenis sonar bunyi yang dipancarkan di lautan lepas sehingga sering digunakan sebagai hewan pengintai angkatan laut, selain itu hewan ini juga memiliki kecenderungan komunikasi sosial yang tinggi bila dibandingkan hewan lainnya.




Monyet Rhesus

Hewan ini memiliki pola pikir dan daya ingat yang hebat, selain memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Monyet Rhesus ini juga memiliki kecenderungan psikologis yang mirip dengan manusia, bahkan mereka dapat bunuh diri jika putus asa dan stres.
 Gajah

Gajah punya volume otak yang terbesar jika dibandingkan dengan semua hewan yang ada di bumi ini. Gajah memiliki indra penciuman serta daya ingat memori yang luar biasa. Gajah bisa menghafalkan objek suatu benda yang dilihatnya, bahkan kemudian bisa melukiskannya. Kecerdasan hewan ini membuat gajah sering dipakai sebagai subyek pertunjukkan di sirkus.
Kakaktua Abu-abu Afrika

Sudah bukan rahasia lagi kalau burung kakaktua merupakan hewan yang cerdas. Hewan ini bisa meniru suara manusia secara lafal dan bunyi. Di luar itu, hewan ini juga bisa menghafalkan beberapa pola kalimat serta memahami beberapa kata singkat yang sering diucapkan manusia.
Anjing Border Collie

Anjing jenis ini adalah salah satu anjing terpintar di dunia. Insting dan nalurinya yang tajam membuat anjing ini bisa dengan mudah memahami dan menirukan pola hidup manusia. Anjing ini bisa menggiring ternak, pelacakan, dan bahkan sering digunakan sebagai tim penolong yang biasanya ditugaskan di daerah pegunungan.
 Gagak

Bagi banyak orang, gagak mungkin hanya burung biasa yang tidak punya keistimewaan apa-apa. Tapi siapa sangka kalau burung ini juga punya kecerdasan yang luar biasa. Burung gagak bisa mengetahui pola dan irama kedatangan manusia dengan memperirakan waktunya. Bahkan gagak bisa membuat pisau sederhana dari rerumputan yang keras yang kemudian digunakan untuk memetik buah.
Tikus

Terlepas dari adegan seru di film tom and jerry, ternyata tikus memang punya kecerdasan yang membuat kagum. Hewan ini memiliki pola psikologi yang hampir sama dengan manusia. Tikus bisa merasa senang, sedih, kecewa, dan sebagainya. Hewan ini bisa mengenali berbagai jenis makanan dari bentuk dan baunya.




Portia Labiata (Laba-laba Pelompat)

Laba-laba yang sering ditemukan di daratan Asia, Australia, dan Amerika ini juga hewan cerdas. Berdasarkan penelitian, hewan ini bisa mengenali secara objektif target mangsa yang diberikan, hewan ini juga bisa menghafalkan ritme target mangsa secara tepat. Tidak heran jika hewan ini disebut sebagai serangga terpintar.






Sumber : lintasberita.com


0 komentar:

Posting Komentar