Senin, Oktober 31, 2011

Kupas Manfaat Dari Kulit Buah



Kita mungkin sering mengabaikan kulit buah, padahal jika kita meninjau lebih jauh lagi kulit buah ini memiliki banyak manfaat dan juga khsiat yang luar biasa untuk kesehatan. Sayapun baru sadar ternyata kulit buah yang selama ini kita buang ternyata bisa berguna, setelah membaca dari berbagai macam artikel dan referensi akhirnya saya mendapatkan banyak pengetahuan tentang khasiat dari berabagai kulit buah dibawah ini yang berguna untuk kesehatan.

Kulit apel


Kita mungkin enggan mengkonsumsi kulit apel, padahal kulit apel ini menyimpan berbagai macam khasiat, dianataranya kulit apel ini kaya akan quercetin, atau antioksidan yang mampu membunuh kanker. Beberapa riset menyebutkan sebagian sebagian besar zat penting terdapat pada kulitnya.

Kulit Kentang


Saya juga baru tahu kalau kulit kentang ternyata memiliki serat yang mengenyangkan untuk tubuh. Untuk cara mengolahnya kita bisa memasaknya dengan cara membuat keripik kentang namun prosesnya bukan digoreng melainkan di oven. Proses memanggang lebih sehat dibandingkan digoreng.
 
Kulit Jeruk


Biasanya yang saya tahu kulit jeruk itu digunakan untuk olahan kue, namun ternyata selain itu juga kita bisa meraup manfaat lain yang terkandung di dalamnya. Kulit jeruk disinyalir mengandung d-limonene atau senyawa yang sangat penting untuk melawan kanker. Untuk cara mengolahnya kita bisa membuat semacam sambal. Iris kulit jeruk , kemudian bisa dicampurkan 1 atau 2 sendok makan kacang-kacangan, tomat dan juga bumbu lainnya pelengkap sambal.

Kulit Kiwi

Buah kiwi memang sangat kaya vitamin yang terkandung di dalamnya, ini yang membuktikan buah tersebut adalah buah yang cukup mahal di pasaran. Namun untuk kulit kiwi sendiri juga tak kalah memiliki peran penting untuk kesehatan yakni kandungan vitamin E dan Flavonoidnya sangat tinggi sehingga dipercaya menangkal berbagai macam bibit penyakit.

Kulit wortel

Tak asing lagi dengan khasiat wortel namun disisi lain wortel juga memiliki kulit yang sangat berperan untuk kesehatan mata dan juga menjaga kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit dari luar. Kulit wortel memiliki kandungan beta karoten yang cukup ampuh sebagai antioksidan.
Setelah membaca manfaat berbagai macam manfaat kulit buah ini, akhirnya cukup membuat saya sadar bahwa setiap apapaun yang diciptakan di dunia ini pasti memiliki manfaat yang berguna untuk manusia, dan tidak ada yang diciptakan sia-sia. Semoga bermanfaat…^^

0 komentar:

Posting Komentar