Jumat, Oktober 14, 2011

Bidang-Bidang Akuntansi

Kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi yang cepat cenderung mengharuskan untuk menguasai bermacam-macam bidang-bidang akuntansi, antara lain :

1. Akuntansi Umum atau Akuntansi Keuangan (General of Financial Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang melakukan pencatatan transaksi-transaksi perusahan sampai kepada penyusunan laporan keuangan secara berkala.

2. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang menekankan dalam kegiatan perhitungan dan pencatatan biaya-biaya produksi guna menyajikan informasi harga pokok produk kepada manajemen.

3. Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan masalah perpajakan mulai dari tatacara perhitungan sampai pada pemungutan pajak terhadap wajib pajak.

4. Akuntansi Anggaran (Budget Accounting) dan Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang kegiatannya menyajikan rencana keuangan untuk suatu masa tertentu, membandingkan kegiatan antara kegiatan yang dianggarkan dengan kenyataannya, guna perencanaan untuk masa yang akan datang.

5. Akuntansi Pemerintah (Goverment Accounting)
Adalah bidang akuntansi yang kegiatannya kepada transaksi-transaksi keuangan yang dilakukan oleh lembaga pemerintah, baik tentang pencatatannya sampai pada penyusunan laporan pertanggung jawaban.

6. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing Accounting)
Adalah bidang kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas atas akuntansi keuangan yang biasa dilakukan para Akuntan Publik atas laporan keuangan perusahaan.

7. Sistem Akuntansi (Accounting System)
Adalah bidang khusus akuntansi yang berhubungan dengan penetapan sampai pelaksanaan suatu prosedur akuntansi yang ditetapkan disuatu perusahaan sehingga terciptanya suatu cara untuk melindungi kekayaan perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar