Kamis, Oktober 13, 2011

PENGERTIAN AKUNTANSI

Pada umumnya definisi akuntansi yang dikemukakan para ahli tidak jauh berbeda, pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa Akuntansi adalah suatu tahapan proses pengumpulan (pengidentifikasian), pencatatan, pengelompokan, peringkasan dan penyajian (pelaporan) dari transaksi-transaksi keuangan serta penafsiran hasilnya guna pengambilan keputusan.

Pihak-pihak yang bekepentingan dengan akuntansi

Akuntansi berguna untuk memberikan informasi ekonomi dalam bentuk laporan keuangan bagi pihak-pihak yang berkepentingan (pengguna Laporan Keuangan) antara lain:

1.Pimpinan Perusahaan/manajer perusahaan
Untuk mengetahui dengan tepat posisi keuangan, guna pengambilan keputusan dalam merencanakan, melaksanakan, mengawasi, menilai, dan mempertanggung jawabkan keberhasilan dalam mengelola perusahaan.

2. Pemilik perusahaan/pemegang saham
Untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan perusahaannya, misalnya berapa laba yang diperoleh, atau rugu yang di derita dan bagaimana prosprknya dimasa yang akan datang.

3. Para Kreditur/lembaga kredit (bank)/supplier
Untuk menjadi pertimbangan pemberian kredit.

4. Penanam modal/Investor
Apakah dana yang ditanamkan di perusahaan itu aman dan menguntungkan.

5. Pemerintah/Kantor pajak
Sebagai bahan untuk pembinaan dan keperluan penetapan besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan.

6. Karyawan/serikat kerja
Untuk mengetahui keadaan perusahaannya hal itu akan menentramkan karyawan akan kelangsungan hidup perusahaannya dan kalau mungkin pengajuan peningkatan kesejahteraan.

7. Lembaga-lembaga tertentu

0 komentar:

Posting Komentar