Jumat, Oktober 21, 2011

Ini Dia "Musuh Besar" Kamera Digital

Kamera digital kini semakin digemari. Maklum, bentuknya boleh kecil, tetapi gambar yang dihasilkan cukup bagus. Kekuatannya pun bisa dibilang "bandel" untuk dibawa kemana-mana. Namun, tahukah anda salah satu "Musuh" benda ini?

Momen seperti piknik atau jalan-jalan memang menjadi saat yang tepat untuk membawa kamera digital. Berbagai momen tawa, canda, hingga duka menjadi tambah sempurna jika diabadikan lewat jepretan kamera. Apalagi kemera digital zaman sekarang sudah begitu canggih dan mudah digunakan.

Sayang, sebagian orang kurang menjaga benda yang satu ini. Alhasil ketika sedang dibutuhkan, kamera digital bisa jadi dalm kondisi rusak. Nah, berikut ini adalah salah satu "musuh" kamera digital yang sebaiknya anda perhatikan.

Mengintip dari situs studiofotografi.com, kapur barus merupakan benda perusak yang dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian kamera lain, yang berbahan dasar karet. Pada kamera digital, kapur barus bisa merusak jalur pada Printed Circuit Board (PCB), yaitu tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Bahkan, uap kapur barus itu juga dapat menodai dan membuat "vlek" pada lensa.

Sebaiknya anda menyimpan kamera di tempat yang kedap udara, sejuk, dan kering. Contoh mudahnya, anda dapat menyimpan benda ini kedalam stoples yang tertutup rapat dan didalamnya diberi silica gel, untuk menyerap kelembapan.

Alternatif lainnya, anda juga bisa menyimpan kamera digital dalam lemari yang telah diatur sirkulasi udara dan kelembapannnya. Caranya, dengan memasang lampu berkekuatan 5 watt yang diletakkan pada jarak kurang lebih 40cm diatas kamera dan perlengkapan lainnya. Jangan lupa untuk membungkus kamera dan bersihkan dari debu sebelum menyimpannya.

Ingat, kerusakan kamera yang diakibatkan oleh kapur barus tak bisa diperbaiki lagi. Oleh sebab itu, sebaiknya anda jangan sekali-kali menyimpan kamera didalm lemari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian.

0 komentar:

Posting Komentar