Senin, Oktober 15, 2012

Belum lima menit!! Eitss, tunggu dulu..



Kalau biasanya makanan yang mau dimakan tiba-tiba jatuh ke lantai, biasanya kita selalu memungutnya lagi dan bilang “belum 5 menit”. Maklum, sayang katanya, daripada dibuang begitu saja mendingan dimakan. Padahal, tidak ada makanan yang sehat kalau sudah jatuh ke lantai, wlaupun dalam hitungan detik sekalipun.

Menurut sebuah penelitian, bakteri yang menyusup ke dalam makanan sewaktu berada di lantai berlangsung sangat cepat. Malahan lebih cepat dari gerakan si pemilik makanan. Paul Dawson, ilmuwan bidang makanan dari Clemson University, South Carolina, Amrik, sempat melakukan penelitian tentang kontaminasi makanan. Jadi potongan roti dijatuhkan ke lantai keramik, kayu dan karpet dengan bakteri Salmonella selama 5 sampai 60 detik.

Hasilnya, makanan yang jatuh ke lantai selama 5 detik terkontaminasi sekitar 1800 bakteri. Sementara kalau makanan yang sudah dilantai selama 1 menit, maka jumlah materi yang menempel sebanyak 10 kali lipatnya. Kebayang dong kalau makanan jatuh ke lantai sudah lebih dari 1 menit bahkan 5 menit? Jumlah bakterinya terus berlipat-berlipat.

Memang ada baiknya lantai selalu dibersihkan sama cairan anti kuman. Tapi jauh lebih baik kalau makanan yang sudah jatuh ke lantai sebaiknya dibuang saja. Jangan berfikir kalau lantai atau meja dapur yang terliahat bersih itu aman. Karena bakteri, seperti Salmonella ternyata sanggup bertahan selama 4 minggu. Buah, sayur, dan unggas bisa dibilang makanan yang paling mudah terkontaminasi dengan bakteri. Jadi harus dibersihkan ketika mau dimakan atau diolah sampai matang.

Sekedar informasi, 6 tahun lalu dalam durasi 8 bulan ada sekitar 11 ribu orang keracunan makanan. Sepuluh diantaranya meninggal dan lebih dari 4000 orang harus dirawat dirumah sakit. Fakta ini dirilis oleh Portal Nasional Pemerintah Republik Indonesia. Dan kabarnya, gejala semacam ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. So, jangan anggap remeh yah. ;)


Sumber: Mingguan Gaul Edisi 31

0 komentar:

Posting Komentar