Selasa, November 06, 2012

6 Manfaat Pentingnya Tidur

Banyak yang beranggapan kalau lagi tidur, kita beristirahat total termasuk anggota tubuh kita. Tapi tahukah kamu apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita saat sedang tidur? Saat tidur, tubuh kita ternyata tidak berhenti bekerja. Malah sebaliknya, badan kita terus beraktivitas dengan intensitas yang hampir sama saat kita sadar atau terbangun. Yang membedakan cuma jenis aktivitasnya saja,

Tubuh saat tidur, akan berusaha mengoreksi ketidakseimbangan dalam tubuh kita. Diantaranya dengan menyiapkan kadar gula dalam darah yang dibutuhkan buat besoknya, memelihara fungsi memori dan banyak hal lain lagi. Jadi tubuh kamu tidak berhenti beraktivitas pada saat kamu tidur, tapi tetap bekerja.

Karena itu, kamu jangan menyepelekan aktivitas yang satu ini. Kalau kamu mau tetap berprestasi dan tetap cantik pastinya kamu harus tidur yang cukup. Jangan menganggap enteng kegiatan yang satu ini, berikut ini, ada beberapa manfaat dari tidur yang perlu kamu tahu.

1. Bisa Menjaga Mood Kamu
Dengan tidur, mood kamu tetap bisa terjaga. Kamu jadi tidak gampang ngambek dan tidak cepat emosional juga. Pelajaran dan perkerjaan-pekerjaan baru pasti bisa lebih gampang diterima di otak kamu. Kok bisa? karena setelah bangun tidur tubuh kamu segar lagi. Soalnya otak dan hati kamu bisa bekerja lebih baik kalau sudah fresh.

2. Menjaga Daya Ingat
Daya ingat penting banget buat semua orang, apalagi buat kamu yang masih aktif sekolah dan kuliah. Cukup dengan tidur 8 jam sehari dan ini sudah membantu otak kamu buat menyimpan materi-materi yang diberikan guru/dosen kamu.

3. Menjaga Kosentrasi Kamu.
Biar pelajaran yang diberikan bisa kamu resap dan diterima dengan baik, pastinya kamu harus kosentrasi kan? Tidak gampang menciptakan kosentrasi di diri kamu kalau kondisi badan tidak fit. Dengan tidur yang cukup, kosentrasi kamu bisa lebih baik dan kamu bisa lebih berprestasi.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh dan Saraf
Buat menjaga sistem kekebalan, kamu harus menjain tubuh kamu bisa fit dan sistem saraf kamu bisa bekerja dengan normal lagi.

5. Memperbaiki Sel-sel Otak Kamu
Dengan tidur 8 jam sehari, itu bisa bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel otak kamu setelah beraktifitas seharian. Sistem tubuh emang perlu istirahat. Tapi jangan lupa, sebelum tidur, kamu harus minum air putih yang cukup biar kamu tidak dehidrasi. Selain tubuh kamu jadi fresh, wajah kamu bisa lebih fresh tentunya.

6. Tidur Bikin Langsing
Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, menyimpulkan kalau tidur yang kurang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Penelitian itu dilakukan dengan sampel beberapa perempuan berusia remaja. Nah, hasilnya perempuan yang tidur 5 jam atau kurang tiap harinya bisa bertambah berat bdan sampai 1/2 kg atau lebih selama seminggu. Dan perempuan yang tidur selama 6 jam tiap malamnya, bertambah berat badan sampai kurang lebih 1 kg selama seminggu. nah, kamu tidak mau kan bdan kamu jadi melar. Makanya, tidur yang cukup selain kamu tetap langsing, kamu juga bisa berprestasi.


Sumber : Majalah Mingguan Galu Edisi 31 

0 komentar:

Posting Komentar